Jumat, 10 Mei 2013

Tugas IAD bab 7

BAB 7 : ILMU ALAMIAH DAN TEKNOLOGI MASA DEPAN SEHUBUNGAN DENGAN KELANGSUNGAN HIDUP MANUSIA


Biogas adalah gas yang dihasilkan oleh aktifitas anaerobik atau fermentasi dari bahan– bahan organik termasuk diantaranya : kotoran manusia dan hewan, limbah domestik (rumah tangga), sampah biodegradable atau setiap limbah organik yang biodegradable dalam kondisi anaerobik. Kandungan utama dalam biogas adalah Metana dan Karbon Dioksida. Namun, komposisi biogas bervariasi tergantung dengan asal proses anaerobik yang terjadi.
Metanogen terdapat dalam kotoran sapi. Lambung (rumen) sapi merupakan tempat yang cocok bagi perkembangan metanogen. Gas metana alami dihasilkan di dalam lambung sapi tersebut. Proses pembuatan biogas tidak jauh berbeda dengan proses pembentukan gas metan dalam lambung sapi. Pada prinsipnya, pembuatan biogas adalah menciptakan gas metan melalui manipulasi lingkungan yang mendukung bagi proses perkembangan metanogen seperti yang terjadi dalam lambung sapi.
Metanogen membutuhkan kondisi lingkungan yang optimal untuk dapat memproduksi gas metana :
1. Proses pembuatan biogas dari kotoran sapi harus dilakukan dalam sebuah reaktor atau digester yang tertutup rapat untuk menghindari masuknya oksigen (anaerob).
 2. Reaktor harus bebas dari kandungan logam berat dan sulfida (sulfides) yang dapat mengganggu keseimbangan mikroorganisme.
3. Gas metana diperoleh melalui komposisi metanogen yang seimbang. Jika jumlah metanogen dalam kotoran sapi masih dinilai kurang, maka perlu dilakukan penambahan metanogen tambahan berbentuk strater atau substrat ke dalam reaktor.
4. Metanogen dapat berkembang dengan baik dalam lingkungan cair (aqueous) dengan pH 6,5 sampai 7,5 dan temperatur 35oC.
5. Metanogen cukup sensitif dengan temperatur. Temperatur 35oC diyakini sebagai temperatur optimum untuk perkembangbiakan bakteri methane
Awalnya bahan-bahan organik ditampung terlebih dahulu dalam suatu kotak beton/bata/besi. Dibutuhkan waktu lebih kurang dua minggu sampai satu bulan sebelum dihasilkan gas awal. Campuran tersebut selalu ditambah setiap hari dan sesekali diaduk.
Dampak positif  biogas
Biogas merupakan energi tanpa menggunakan material yang masih memiliki manfaat termasuk biomassa sehingga biogas tidak merusak keseimbangan karbondioksida  yang diakibatkan oleh penggundulan hutan (deforestation) dan perusakan tanah
b. Energi biogas dapat berfungsi sebagai energi pengganti bahan bakar fosil sehingga akan menurunkan gas rumah kaca di atmosfer  dan emisi lainnya.
c. Metana merupakan salah satu gas rumah kaca yang keberadaannya du atmosfer akan meningkatkan temperatur, dengan menggunakan biogas sebagai bahan bakar maka akan mengurangi gas metana di udara.
d. Limbah berupa sampah kotoran hewan dan manusia merupakan material yang tidak  bermanfaaat, bahkan bisa menngakibatkan racun yang sangat berbahaya. Aplikasi anaerobik digestion akan meminimalkan efek tersebutdan meningkatkan nilai manfaat dari limbah.
e. Selain keuntungan energi. Yang didapat dari proses anaerobik digestion dengan menghasilkangas bio, produk  samping seperti sludge. Meterial ini di peroleh dari sisa proses anaerobik  digestion yang berupa padat dan cair. Masing-masing dapat digunakan sebagai pupuk.


 Mengapa Biogas sangat penting ?
"menurut saya ketika nantinya sudah terjadi kelangkaan Sumber Daya Alam yang sangat terbatas kita bisa menggunakan biogas sebagai jalan pintas untuk memenuhi kbutuhan hidup sehari-hari. dimana bahan untuk pembuatan biogas sangat murah dan gampang dicari, sehingga tidak akan mungkin mengalami kelangkaan."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar