KOMUNITAS ONLINE
Dewasa ini, dunia
Internet semakin berkembang dengan pesat, bahkan sudah merupakan bagian hidup
bagi sebagian orang. Keterkaitan antara dunia internet dengan manusia sudah
menjadi hal mutlak yang ada saat ini. Hal ini salah satunya menyebabkan
lahirnya komunitas-komunitas dalam dunia Internet (Komunitasonline). Komunitas
ini merupakan sebuah komunitas maya, (tidak nyata) antar pengguna
Internet dimana proses interaksi mereka melalui media yang ada tanpa bertemu
muka secara langsung. Tumbuhnya komunitas-komunitas onlinedidukung oleh
banyaknya aplikasi-aplikasi yang disediakan oleh para
pengembang software
untuk mendukung kegiatan tersebut. Salah satu komunitasonline yang paling
populer adalah Forum Berbasis Web, dimana anggotanya berasal dari seluruh
penjuru dunia dan jumlahnya tidak terbatas. Dari forum ini para anggota dapat
saling bertukar informasi, berdiskusi, bahkan ber-kenalan dengan anggota yang
lain. Aplikasi untuk Forum Berbasis Web ini jumlahnya cukup banyak, diantaranya
yang paling populer adalah phpBB, vBulletin, Simple Mechine Forum. Dari ketiga
aplikasi ini yang dapat diperoleh secara gratis dan lengkap adalah phpBB. phpBB
menyediakan sebuah paket forum yang sangat lengkap fasilitasnya. Disamping itu
proses instalasi, konfigurasi dan pengelolaannya terbilang cukup mudah.
fakta bahwa perkembanganteknologi
media telah membentuk suatu team baru dalam komunitas yang disebut sebagai
online community atau komunitas online.
Saat ini telah
banyak para ahli yang merumuskan definisi komunitas onilne dari berbagai
perspektif disiplin ilmu. Namun, dalam makalah ini, definisi yang digunakan
ialahdefinisi Preece (2000, dalam Al-Saggaf, 2004:3)
Online
Community ialah
” sekelompok
orang yang berinteraksi secara sosial karena adanya kebutuhan untuk memainkan
peran sosial tertentu dan memiliki kesamaan tujuan atau kepentingan
berdasarkan aturan yang disepakati sebagai pedoman interaksi, dan
menggunakan sistem komputer dan jaringan internet sebagai media interaksi
sosial yang memfasilitasi rasa kebersamaan”.
Sumber :
Simamora, Bilson.
2002. Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Stanton, William J.
1996. Prinsip Pemasaran (terjemahan) Jilid 1. Edisi 7. Jakarta: Erlangga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar